Gangguan Gerak pada Lansia

  Medikaholistik.com     Jun, 26 2013      46,192 views


Beberapa insiden dan prevalensi gangguan gerak bertambah sesuai dengan bertambahnya usia. Hal tersebut diakibatkan oleh proses penuaan itu sendiri atau diakibatkan karena penggunaan obat-obatan yang dapat mencetuskan terjadinya gangguan tersebut. Dalam pengobatan pada pasien geriatri penting untuk diperhatikan apakah gangguan tersebut berasal karena proses penuaan atau sungguh merupakan gangguan karena akan mempengaruhi dalam terapi yg akan diberikan.

  •  

Nyeri pada Lansia

  Medikaholistik.com     Jun, 26 2013      99,638 views


Nyeri merupakan suatu keadaan yang mempengaruhi seseorang dan keberadaannya diketahui bila seseorang pernah mengalaminya. Semua orang pernah mengalami nyeri termasuk orang lanjut usia (lansia). Pada usia lanjut banyak terjadi perubahan fisiologis pada fungsi organ-organ tubuh yang dapat menjadi faktor pencetus nyeri dan bahkan mempengaruhi tatalaksana dari nyeri tersebut.

  •  

Nyeri Kepala pada Lansia

  Medikaholistik.com     Jun, 26 2013      163,160 views


Nyeri kepala atau sefalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa nyeri di kepala, kadang nyeri pada leher bagian belakang atau punggung bagian atas. Kebanyakan nyeri kepala disebabkan oleh kontraksi otot, kelainan pembuluh darah atau keduanya.

  •  

NYERI KEPALA, BERBAHAYA KAH ?

  Dr. Sheila Agustini, SpS     Jun, 26 2013      81,949 views


Setiap orang pasti pernah merasakan nyeri kepala, umunya nyeri kepala ini dapat sembuh dengan sendirinya, cukup dengan istirahat. Bisa juga nyeri kepala ini berkurang dan menghilang setelah minum obat penghilang rasa nyeri yang ada di pasaran. Namun pada beberapa jenis nyeri kepala dapat juga dicurigai adanya persoalan serius di kepala. Meskipun hal ini lebih jarang terjadi namun penting bagi kita mengenal tanda - tanda nyeri kepala yang patut kita waspadai

  •  

Ketidakmampuan Bergerak dan Tirah baring lama pada Lansia

  Medikaholistik.com     Dec, 05 2012      110,506 views


Dengan makin bertambahnya usia seseorang, maka kemungkinan terjadinya penurunan anatomik dan fungsional atas organ-organ tubuhnya makin besar. Penurunan anatomik dan fungsional dari organ-organ tersebut akan menyebabkan lebih mudah timbulnya penyakit pada organ tersebut yang pada kondisi parah dapat menyebabkan mereka harus berbaring di tempat tidur selama lebih dari 3 hari hari atau duduk di kursi roda, tak mampu bergerak atau memiliki aktivitas kecuali dibantu oleh orang lain.

  •