METODE STRAIN-COUNTER STRAIN UNTUK NYERI OTOT

  dr. Yuda Turana     Jul, 09 2013      58,250 views

Pada kasus nyeri otot yang baru saja terjadi , metode ini sangatlah membantu. Metode ini seringkali juga memberikan hasil pengurangan nyeri yang cukup menakjubkan. Berikut ini penjelasannya :

1. Carilah posisi mana yang membuat anda merasa nyeri. Sebagai contoh : mungkin anda merasa nyeri jika menggerakkan leher ke kanan kemudian melihat ke atas dan saat anda menengok ke kiri dan melihat ke bawah nyeri tidak ada samasekali.

2. Menggunakan contoh ini anda harus mencari dengan jari secara perlahan , carilah titik di otot pada sisi sebelahnya yang menimbulkan rasa nyeri bila kepala digerakkan . Pada contoh ini carilah titik tersebut di di sisi leher sebelah kiri depan.

3. Saat anda menemukan titik ini ( terasa lebih lunak ) ; tetaplah tekan dengan ringan dan titik ini nantinya akan menjadi petunjuk untuk langkah berikutnya.

4. Sekarang secara perlahan gerakan kepala dan leher anda sampai titik yang lembut , yang anda tekan tadi menghilang. Setiap gerakan dimana nyeri anda bertambah adalah arah yang salah.

5. Anda pasti akan menemukan satu posisi maksimum dimana kepala , leher dan titik yang anda tekan tadi akan bebas nyeri.

Anda harus menemukan posisi itu sendiri . Ada beberapa petunjuk secara umum untuk menemukan posisi tersebut : misalnya jika titik nyeri tadi terletak di depan tubuh maka anda dapat dapat menekan titik tersebut sambil membengkokan badan ke depan atau ke samping sambil mencari posisi yang tepat sampai titik tersebut hilang. Ingatlah bahwa tujuan akhir anda adalah menghilangkan titik yang lembut / nyeri tadi ( titik yang anda tekan ) , tapi apapun gerakan yang anda lakukan dalam mencari posisi tersebut sebaiknya tidak meningkatkan nyeri.

Kembali pada contoh di atas , menemukan titik yang menyebabkan anda merasa nyeri saat anda menengok ke kanan dan ke atas, anda akan mencarinya pada otot leher sebelah kiri depan atau pundak sebelah atas . Setelah menemukan titik ini maka anda menekannya dan anda mengerakkan kepala dan leher ke depan, belakang, menengok ke kiri, atau menoleh ke salah satu posisi, mengangkat bahu, sampai akhirnya anda menemukan satu posisi dimana titik ?nyeri? tersebut menjadi ?tidak nyeri?. Untuk melakukan hal ini maka sebaiknya anda dalam posisi tidur sehingga dapat menunjang daerah sekitar leher dan kepala.

Saat anda menemukan posisi tersebut, biarkan penekanan sekurangnya 1 menit kemudian perlahan kembalikan kepala/ leher ke posisi yang netral. Semua otot yang terasa nyeri tadi akan terasa lebih ringan dan kurang begitu nyeri dan titik nyeri tadi menjadi tidak terlalu nyeri.

Anda dapat melakukan hal yang sama saat ada ketegangan di otot yang lain. Pada otot dengan nyeri yang kronik , teknik ini dapat membantu namun kadangkala bersifat sesaat, berbeda dengan nyeri akut , penyembuhannya dapat menetap atau permanen.

Share :